Jawaban soal essay BAB 6 analisis data kelas 8 oleh Imanullah Oracle Usman 8E absen 9

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini di dalam blog pribadi kamu! Copas atau salin soalnya ke blog kalian!

1.     Apakah tujuan belajar analisis data?

2.     Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak
sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis?

3.     Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!

4.     Apa yang dimaksud dengan Pivot table?

5.     Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?

6.     Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?

7.     Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8?

8.     Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?

9.     Apa yang dimaksud dengan pencarian data?

10.Apa yang dimaksud dengan visualisasi data?

11.Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data?

12.Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ?

13.Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan
index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?

14.Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian
dalam meringkas data?

15.Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih
sulit digunakan?

16.Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam
penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan!

17.Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?

18.Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara
unplugged (tanpa komputer)?

19.Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!

20.Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan
pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini?





JAWABAN:
1. Setelah mempelajari analisis data, kalian mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga kalian dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja atau secara manual.
2. Dengan melakukan analisis data dan peringkasan data
3. Menurut saya Look up artinya mendapatkan data tentang sesuatu. Fungsi Lookup terdiri atas fungsi vlookup dan Hlookup. Vlookup dipakai jika range data disusun secara vertikal, sedangkan Hlookup dipakai jika range data disusun secara horizontal.
4. Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu.

5. SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu. SUMIFS fungsi: Menghitung jumlah isi nilai dari kumpulan data berdasarkan kondisi tertentu. Sementara COUNTIFS fungsi: Menghitung banyaknya data dalam kondisi tertentu.
6. Peringakasan data adalah mengringkas kumpulan data yang banyak dan sulit dipahami sehingga dapat melihat gambaran secara umum dari data yang dimiliki sehingga analisis data dapat dilakukan dengan lebih baik.
7. Karena di kelas 8 dengan kemampuan analisis data, kita mampu mengolah, mengringkas, memvisualisasi kumpulan data dari situasi kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja atau secara manual.
8. A. buatlah tabel berdasarkan data tersebut
    B. pilihlah range yang berisi tentang data yang ingin dijadikan grafik
    C. pilihlah tab Insert, disitu tersedia berbagai macam Charts/Grafik
    D. pilihlah salah satu dari Charts/Grafik tersebut dan selesai
9. Pencarian data adalah mencari data tertentu di dalam kumpulan data yang banyak.
10. Visualisasi data adalah data yang disusun dalam bentuk tabel yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau chart.
11. Pengelolaan data adalah mengola sekumpulan data dengan tabel sehingga kita dapat menganalisis data dengan cepat dan mudah.
12. 
Look up artinya mendapatkan data tentang sesuatu.
13. Match:
 Mengembalikan posisi dari suatu nilai di dalam suatu range tabel satu dimensi. Posisi dimulai dari 1. (digunakan saat mencari posisi suatu data dari sebuah range tabel satu dimensi). Index: Mengembalikan nilai dari suatu range dua dimensi, pada alamat sel (posisi baris dan kolom) yang ditunjuk. (digunakan saat mencari suatu nilai dari sebuah range tabel dua dimensi).
Choose: Mengembalikan suatu nilai dari sederet nilai, berdasarkan nomor posisi dalam deretan nilai. (digunakan saat mencari data urutan ke berapa berdasarkan kumpulan data).
14. Tentu saja, kedua duanya sangat mempermudah mengringkas data.

15. Menurut saya lebih sulit menggunakan fungsi SUMIFS
16. Iya, Penggunaan absolute reference SUMIFS: digunakan saat menjumlahkan semua nilai yang mengikuti suatu syarat (contoh nilai pada suatu tabel lebih dari nilai 12 maka semua nilai yang melebihi nilai 12 akan dijumlahkan), Penggunaan absolute reference COUNTIFS: digunakan saat mencari nilai yang mengikuti suatu syarat (contoh ada syarat dimana suatu nilai harus melebihi nilai 12 maka akan disebut berapa saja yang melebihi nilai 12).
17. Sangat senang
18. Kesulitan yang dialami saat membuat lembar kerja unplugged adalah lebih memakan waktu dan jika kita membuat grafik dengan hasil jumlah dari kumpulan data maka lebih susah akibat harus menghitung secara manual. 
19. Makna kata PIVOT adalah Inti, dengan excel kita dapat membuat sesuatu yang bernama Pivot Table dimana kita bisa membuat sebuah tabel dengan kumpulan data sehingga kita dapat meringkas data tersebut sehingga terisi dengan data yang penting hingga memudahkan kita untuk menganalisis data 
20. Tentu saja dapat dipahami

Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman BAB 7 oleh Imanullah Oracle Usman 8E absen 9

50 Soal PG Imanullah Oracle Usman

Resume materi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh Imanullah Oracle Usman 8E absen 9