Jawaban soal essay BAB 6 analisis data kelas 8 oleh Imanullah Oracle Usman 8E absen 9
Jawablah pertanyaan di bawah ini di dalam blog pribadi kamu! Copas
atau salin soalnya ke blog kalian!
1. Apakah
tujuan belajar analisis data?
2. Bagaimana
mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak
sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis?
3. Jelaskan
fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!
4. Apa yang
dimaksud dengan Pivot table?
5. Apa yang
dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?
6. Apa yang
dimaksud dengan peringkasan data?
7. Mengapa
analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8?
8. Bagaimana
langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?
9. Apa yang
dimaksud dengan pencarian data?
10.Apa yang
dimaksud dengan visualisasi data?
11.Apa yang
dimaksud dengan pengelolaan data?
12.Apa yang
dimaksud dengan Fungsi Lookup ?
13.Dapatkah
kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan
index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?
14.Apakah
kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian
dalam meringkas data?
15.Dari
antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih
sulit digunakan?
16.Menurut
kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam
penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan!
17.Apakah
kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?
18.Kesulitan
apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara
unplugged (tanpa komputer)?
19.Mengapa
fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan
jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!
20.Apakah
kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan
pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini?
JAWABAN:
1. Setelah mempelajari analisis data, kalian mampu mengakses, mengolah,
mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis
sehingga kalian dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data
dari situasi kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar
kerja atau secara manual.
2. Dengan melakukan analisis data dan peringkasan data
3. Menurut saya Look up artinya mendapatkan data tentang sesuatu. Fungsi Lookup
terdiri atas fungsi vlookup dan Hlookup. Vlookup dipakai jika range data
disusun secara vertikal, sedangkan Hlookup dipakai jika range data disusun
secara horizontal.
4. Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang
telah diringkas berdasarkan kategori tertentu.
5. SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada
aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data
berdasarkan kondisi tertentu. SUMIFS fungsi: Menghitung jumlah isi nilai dari kumpulan data berdasarkan
kondisi tertentu. Sementara COUNTIFS fungsi: Menghitung banyaknya data dalam
kondisi tertentu.
6. Peringakasan data adalah mengringkas kumpulan data yang banyak dan sulit
dipahami sehingga dapat melihat gambaran secara umum dari data yang dimiliki
sehingga analisis data dapat dilakukan dengan lebih baik.
7. Karena di kelas 8 dengan kemampuan analisis data, kita mampu mengolah,
mengringkas, memvisualisasi kumpulan data dari situasi kehidupan sehari-hari dengan
menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja atau secara manual.
8. A. buatlah tabel berdasarkan data tersebut
B. pilihlah range yang berisi tentang data yang ingin dijadikan grafik
C. pilihlah tab Insert, disitu tersedia berbagai macam Charts/Grafik
D. pilihlah salah satu dari Charts/Grafik tersebut dan selesai
9. Pencarian data adalah mencari data tertentu di dalam kumpulan data yang banyak.
10. Visualisasi data adalah data yang disusun dalam bentuk tabel yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau chart.
11. Pengelolaan data adalah mengola sekumpulan data dengan tabel sehingga kita dapat menganalisis data dengan cepat dan mudah.
12. Look up artinya mendapatkan data tentang sesuatu.
13. Match: Mengembalikan
posisi dari suatu nilai
di dalam suatu range
tabel satu dimensi.
Posisi dimulai dari 1. (digunakan saat mencari posisi suatu data dari sebuah range tabel satu dimensi). Index: Mengembalikan nilai
dari suatu range dua
dimensi, pada alamat
sel (posisi baris dan
kolom) yang ditunjuk. (digunakan saat mencari suatu nilai dari sebuah range tabel dua dimensi).
Choose: Mengembalikan
suatu nilai dari
sederet nilai,
berdasarkan nomor
posisi dalam deretan
nilai. (digunakan saat mencari data urutan ke berapa berdasarkan kumpulan data).
14. Tentu saja, kedua duanya sangat mempermudah mengringkas data.
15. Menurut saya lebih sulit menggunakan fungsi SUMIFS
16. Iya, Penggunaan absolute reference SUMIFS: digunakan saat menjumlahkan semua nilai yang mengikuti suatu syarat (contoh nilai pada suatu tabel lebih dari nilai 12 maka semua nilai yang melebihi nilai 12 akan dijumlahkan), Penggunaan absolute reference COUNTIFS: digunakan saat mencari nilai yang mengikuti suatu syarat (contoh ada syarat dimana suatu nilai harus melebihi nilai 12 maka akan disebut berapa saja yang melebihi nilai 12).
17. Sangat senang
18. Kesulitan yang dialami saat membuat lembar kerja unplugged adalah lebih memakan waktu dan jika kita membuat grafik dengan hasil jumlah dari kumpulan data maka lebih susah akibat harus menghitung secara manual.
19. Makna kata PIVOT adalah Inti, dengan excel kita dapat membuat sesuatu yang bernama Pivot Table dimana kita bisa membuat sebuah tabel dengan kumpulan data sehingga kita dapat meringkas data tersebut sehingga terisi dengan data yang penting hingga memudahkan kita untuk menganalisis data
20. Tentu saja dapat dipahami
Comments
Post a Comment