Pengalaman MPLS di SMP Labschool Jakarta


Assalamualaikum Wr. Wb

Nama saya Imanullah Oracle Usman, tapi panggil saja saya Oracle. Saya dulu tinggal di Bintaro tapi sejak pandemi saya dan keluarga saya pindah ke Rawamangun. Selama hampir 2 (dua) tahun saya sudah menjadi warga Jakarta Timur. Walaupun sekarang dirumah tidak seramai rumah sebelumnya namun saya sangat senang karena saya bisa jadi lebih mandiri.

Saya baru saja lulus SD tahun ini dari SD Islam Al-Azhar 17 Bintaro tahun ini. Saya sangat terharu pada saat upacara kelulusan, walapun sedih juga karena wisuda hanya bisa virtual jadi tidak bisa merayakannya bersama teman – teman saya. Setelah lulus SD, orangtua saya menyarankan untuk masuk SMP Labschool Jakarta, karena menurut mereka ini sekolah yang bagus. Akhirnya saya mengikuti ujian masuk dan Alhamdulillah lulus diterima menjadi murid SMP Labschool Jakarta.

Saya sekarang berada di kelas 7F dengan wali kelas Pak Murdha yang sangat baik dan perhatian. Ini benar – benar seperti masuk ke dunia baru bagi saya, karena sebelumnya sudah bersama – sama dengan teman – teman yang sama selama 6 (enam) tahun dan sekarang masuk sekolah baru dengan teman – teman baru yang belum pernah kenal sebelumnya. Lumayan campur aduk rasanya pada saat akhirnya besok adalah hari pertama saya sekolah di SMP Labschool Jakarta.

Pada hari Sabtu tanggal 10 Juli 2021 akhirnya saya bertemu dengan guru dan teman – teman baru saya di kegiatan pra-MPLS. Disini saya sangat bersemangat untuk berkenalan dengan pak Murdha dan teman – teman sekelas saya. Saya pun juga merasa sangat bangga dengan diri sendiri karena bisa masuk ke SMP Labschool Jakarta, karena semua orang juga tau untuk masuk ke sekolah ini sangat susah.

Hari berlanjut hingga tiba hari Senin tanggal 12 Juli 2021, hari ini lah dimulainya kegiatan MPLS atau disebut juga Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah. Hari ini ada pembahasan tentang ‘Aku Bangga Menjadi Anak Labschool’ dan ‘Budaya SMP Labschool Jakarta’. Di hari ini pun saya diperkenalkan dengan Kepala Sekolah dan guru – guru lainnya yang akan mengajar di kelas 7. Pada hari ini juga saya memperkenalkan diri dan berkenalan dengan kakak - kakak OSIS, MPK, dan ROHIS.

Pada hari kedua MPLS saya mendengar materi belajar yang sangat menarik yaitu tentang ‘Belajar dengan Bahagia di Masa Pandemi’. Karena memang susah sekali untuk menimbulkan semangat setiap hari pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini yang sangat berbeda dengan sekolah tatap muka. Saya juga mendengar materi ‘Menjadi Siswa Labschool yang Berkarakter’.


Suasana Kelas 7F saat MPLS

Pada hari Rabu tanggal 14 Juli 2021 merupakan MPLS hari ketiga. Hari ini jadwalnya adalah mendengarkan materi tentang ‘Program Kesiswaaan selama Pandemi’ dan Sarana Prasarana yang ada di SMP Labschool Jakarta. Saat melihat apa saja sarana prasarana yang ada disekolah saya senang sekaligus sedih. Karena sekolah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dan bagus, tapi lagi – lagi karena pandemi saya tidak bisa menikmatinya. Pada hari ini juga guru - guru dan kakak – kakak OSIS mengajarkan cara untuk masuk ke e-learning labschool dengan memasukan username dan password yang betul serta fitur – fitur lainnya.

Pada hari Kamis 15 Juli 2021 saya melaksanakan MPLS hari ke empat. Di hari ini ada acara bernama pensi yaitu pentas seni. Saat acara pensi dimulai semua murid dan kakak -kakak OSIS menonton video murid - murid yang partisipasi menunjukan bakat seni mereka. Bakat yang ditampilkan bermacam – macam, ada yang menunjukan lukisan, main alat musik, menari dan lain-lain. Semuanya bagus – bagus. Selain dari murid kelas 7, kakak – kakak OSIS juga tidak mau kalah menampilkan bakat mereka di acara pensi ini.

Pada hari Jumat tanggal 16 Juli 2021 saya melaksanakan MPLS hari kelima yaitu hari yang terakhir. Hari terakhir ini ditampilkan ekstrakurikuler ato disingkat ekskul yang ada di SMP Labschool Jakarta. Ekskul di sekolah banyak sekali, yaitu ada Robotik, Bahasa Jepang, Panahan, dan lain sebagainya. Dan di hari ini juga ada sesi ketemu dengan pemain futsal profesional dan penyanyi professional, yang memberi motivasi untuk selalu mengikuti impian kita kapanpun dan dimana pun hingga berhasil mencapainya.

Semoga pandemi ini cepat berakhir sehingga saya bisa sekolah tatap muka, dan bertemu langsung dengan guru – guru dan teman – teman saya. Saya bangga menjadi anak Labschool, Jaya Jaya Jaya!

Sekian blog perdana saya. Terima kasih untuk membaca pengalaman saya saat berada di MPLS Labschool Jakarta. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum  Wr. Wb.

Oracle Usman


 

Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman BAB 7 oleh Imanullah Oracle Usman 8E absen 9

50 Soal PG Imanullah Oracle Usman

Resume materi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh Imanullah Oracle Usman 8E absen 9